LPM Produktif – Loket Akademik yang selalu lambat buka dari jam operasional semakin dikeluhkan mahasiswa. Jam operasional buka loket yang seharusnya pukul 08.00 namun hingga pukul 09.00 lewat pun masih tutup, dengan mahasiswa yang sudah banyak menunggu.

Berangkat dari masalah tersebut, pada jumat kemarin (30/3) Tim LPM Produktif mewawancarai salah satu pegawai loket (Y) begini tanggapan beliau saat ditanya alasan loket selalu lambat buka.
“Penyebab loket lambat buka karena yang pegang kunci itu belum datang, padahal sudah ada orang di dalam sini (ruangan). Nah itu bisa lewat pintu belakang, ndak harus lewat depan, bisa lewat samping juga. Kalaupun misalnya kenapa bisa lambat, itu tergantung dari individunya masing-masing, yah kita ndak tau apakah dia itu ada urusan di rumah dengan keluarganya atau bagaimana, kaya gitu” ujarnya.
Tim LPM Produktif kembali menanyakan perihal solusi atas keterlambatan tersebut sehingga mahasiswa yang ingin mengurus berkas menunggu lama. Begini tanggapannya
“Oke, kalau misalnya kasus dalam pelayanan antar berkas, silahkan lewat pintu samping, ndak usah lewat depan kalau disitu masih terkunci. Silahkan lewat pintu belakang , untuk penitipan berkas kita selalu terbuka, keranjang ndak pernah kami kasih masuk, jadi langsung titip disitu saja. Lebih bagusnya dititip pagi diambil siang, dititip siang diambil sore, dititip sore diambil besok. Penitipan berkas ini tidak ada face to face antara petugas, tidak ada itu e. Kecuali kalau pelayanan mau urus transkrip dan sebagainya baru face to face. Kalau untuk berkas tidak ada, jadi silahkan dititip di keranjang” pungkasnya.
(Y) juga menambahkan agar tidak serta-merta menyalahkan staff. Karena biasanya ada juga mahasiswa yang tetap memaksa masuk meskipun waktu sudah menunjukan waktu istirahat. Dan juga, mereka selalu mengkonfirmasi jika ada yang terlambat melalui grub dan meminta untuk menjaga pelayanan minimal satu orang terlebih dahulu di dalam ruangan.
(Y) juga memberi solusi jika untuk mengurus berkas namun orang yang bersangkutan tidak ada, silahkan dihubungi melalui WhatsApp.
“Kalau misalnya butuh layanan berkas silahkan melalui layanan WhatsApp atau telepon. Kami di akademik sudah semaksimal mungkin berikan pelayanan online dan transkrip lewat online. Kita usahakan supaya mahasiswa tidak terlalu bergantung pada layanan offline” jelasnya.
***
Penulis : FL
Editor : Tim Editor

Bagaimana dengan Wa nya tidak pernah di respon sama sekali ?
SukaDisukai oleh 1 orang